Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".
(QS. AL A'RAAF : 187 )
Niatno Makaryo Kanggo Ngibadah kanthi ngucap "BISMILLAH" Sugeng Makaryo !!!!

Ndesone ayah-ibu

Ndesone ayah-ibu

Ucapan Terima Kasih

Terima Kasih kepada semua pihak yang telah membantu terciptanya BLOG ini.

Semoga BLOG ini bermanfaat bagi kita semua.

Sudahkah Anda Sholat ???

Sudahkah Anda Sholat ???
Sholat dulu yahh...

Blog Archive

Ayat #1

^^ ^^

Ayat #2

^^ ^^

Ayat #3

^^ ^^

Mari kita baca Al Qur'an dan terjemahannya, biarpun satu ayat (luangkan waktu 7-10 menit aja)!! Klik disini le!!! atau Listen2Quran atau untuk menulis di WORD QuranInWord

^^ ^^

TOMBO ATI - "obat hati"

Al Quran online
Tombo ati iku limo perkarane;
Kaping pisan moco Qur’an lan maknane;
Kaping pindo sholat wengi lakonono;
Kaping telu wong kang sholeh kumpulono;
Kaping papat kudu weteng ingkang luwe;
Kaping limo dzikir wengi ingkang suwe;
Salah sawijine sopo bisa ngelakoni;
Mugi-mugi gusti Allah nyembadani;

Obat hati ada lima perkaranya;
Yang pertama baca Quran dan maknanya;
Yang kedua sholat malam dirikanlah;
Yang ketiga berkumpullah dengan orang sholeh;
Yang keempat perbanyaklah berpuasa;
Yang kelima dzikir malam perbanyaklah;
Salahsatunya siapa bisa menjalani;
Moga-moga Gusti Allah mencukupi.

TOMBO SAPU JAGAT

Al Faatihah 7x; Al Ikhlash 4x; Al Falaq 1x; An Naas 1x; dan Ayat Kursi 1x..
Media (airputih atau yang lainnya )dapat disesuaikan, mugo-mugo enggal waras.
Sudahkah Anda Bersyukur hari ini ?
Are You Grateful ?
( wang sinawang...cah bagus!!! )
Ngluruk tanpo bolo, menang tanpo ngasorake,
tetep "ELING lan WASPODO"!!!



-mengalir seperti air -
contone : ?intitle:index.of? pdf ebook

Tampilane blog iki piye???

Detik News

Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya

Wednesday, April 01, 2009


Cabe dan manfaatnya
http://danakitri.multiply.com/journal/item/101/cabe_dan_manfaatnya


tau cabe kan??? mesti tau! apalagi para penggila sensasi pudhesss-nya...
Ternyata, cabe ga sekadar bikin lambe nggaber2 n mripat mbrebes mili loh..ada juga manfaat kesehatannya. mau tau? ini nih...

Secara garis besar ada dua macam cabe, yakni cabe rawit (capsicum frutescens) dan Cabe merah (Capsicum annuum).

Cabe rawit

Tanaman biji yang nama daerah berbeda, lombok jempling (Madura), cabe rawit (Jawa), leudeu jarum (Gayo), rica halus (Manado), metrek wakfoh (Papua). Cabe rawit terdiri dari tiga jenis, yakni (a) cengek leutik : berbuah kecil, berwarna hijau dan berdiri tegak pada tangkainya. (b) cengek domba: berbuah besar, berwarna putih dan menjadi jingga pada saat masak. (c) ceplik: buahnya besar berwarna hijau dan menjadi merah pada saat tua. Cabe rawit bersifat panas dan dapat masuk ke merdian jantung dan pankreas.

Di dalam biji buah cabe rawit terdapat solanine, solamidine, solamargine, solasodine, solasomine serta steroid saponin yang berfungsi sebagai antibiotik. Sebagai antioksidan, cabe rawit mengandung kapssaisin, kapsantin, karotenoid, alkaloid, atsiri, resin, minyak menguap, serta vitamin A dan C. Kapsaisin memberikan rasa pedas pada cabe, berkhasiat melancarkan aliran darah serta sebagai pemati rasa kulit.

Rasa pedas di lidah dapat menimbulkan rangsangan ke otak untuk mengeluarkan endorfin (opiate endogen). Hasilnya, rasa sakit hilang dan timbul perasaan lebih sehat. Pada sistem reproduksi, sifatnya yang panas dapat mengurangi rasa tegang dan sakit akibat sirkulasi darah yang buruk.

Masalahnya : tidak setiap orang boleh mengonsumsi cabe rawit secara berlebihan. Pengidap sakit tenggorokan, sakit mata dan penderita gangguan saluran pencernaan, sangat tidak dianjurkan mengonsumsi cabe rawit.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan khasiat cabe rawit. Bisa dengan cara merebusnya atau dibuat bubuk dan pil. Untuk pemakaian luar, cukup dengan merebusnya, lalu uapnya dipakai memanaskan bagian tubuh yang sakit.

Berikut empat resep berbahan cabe rawit/bagian tanamannya :

1. Rematik

Bahan: 15 buah cabe rawit, 1/2 sendok teh kapur sirih, 1 buah jeruk nipis.

Pemakaian: Cabe rawit digiling hingga halus,jeruk nipis dibelah dua, ambil airnya. Campur gilingan cabe, kapur sirih, dan perasan jeruk nipis, aduk hingga rata. Balurkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan hingga penyakit sembuh.

2. Sakit perut

Bahan: 15 gr daun muda cabe rawit, 1/2 sendok teh kapur sirih.

Pemakaian: Cuci bersih daun cabe, giling hingga halus. Tambahkan kapur sirih, aduk hingga rata. Balurkan ramuan pada bagian perut yang sakit. Lakukan pengobatan 1-2 kali saja.

3. Kaki dan tangan lemas (lumpuh)

Bahan: 2 bonggol akar cabe rawit, 15 pasang cakar ayam, 60 gr kacang tanah, 6 butir hungcao.

Pemakaian: Bersihkan semua bahan, lalu potong-potong seperlunya. Tambahkan air dan arak sama banyaknya hingga bahan-bahan terendam kirapkira 1 cm di atasnya. Ramuan tersebut dimasak dengan cara ditim. Setelah dingin, saring airnya, minum sehari dua kali, masing-masing setengah dari ramuan tersebut.

4. Frostbite

Bahan: 5 buah cabe rawit segar

Pemakaian: Buang biji cabe rawit, giling hingga halus. Balurkan ke bagian yang sakit.

5. Pereda Demam Tinggi (daunnya)

Caranya, ambil segenggam daun cabe rawit, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok minyak selada dan campurkan kedua bahan ini sampai rata. Setelah itu tempelkan ramuan pada ubun-ubun atau dibalurkan pada seluruh badan.

Selimuti badan penderita dengan selimut yang tebal. Tak berapa lama, badan akan mengeluarkan keringat, sehingga panas badan akan menurun dengan cepat.

Manfaat lain dari cabe:

1. meredakan pilek dan hidung tersumbat karena capsaicin dapat mengencerkan lendir. Ini berlaku pada sinusitis dan juga batuk berdahak.

2. memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena, dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. cabe juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).

3. Sebagai antibiotik alami.

4. Cabe dapat meringankan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi. Karena, rasa pedas dan panas yang ditimbulkan capsaicin akan menghadang pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak. Sehingga, rasa sakit tersebut akan berkurang, bahkan hilang.

5. Cabe dapat meningkatkan nafsu makan pengkonsumsinya. Karena, capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga, nafsu makan menjadi bertambah.

6. Menurunkan kadar kolesterol

7. kandungan antioksidannya dapat digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan (infertilitas), afrodisiak(obat kuat) dan memperlambat proses penuaan

8. Ekstrak buah cabe rawit mempunyai daya hambat terhadap pertumbuhan jamur Candida Albicans, yaitu jamur pada permukaan kulit. Daya hambatnya 1 mg/ml setara dengan 6,20 mcg/ml nistatin dalam formamid. (penelitian Tyas Wikowati Prasetyoningsih, Fakultas Farmasi Universitas Arilangga, Jawa Timur, tahun 1987)

9. Menormalkan kembali kaki dan tangan yang lemas

10. Meredakan migraine

11. Untuk gangguan rematik dan frostbite (jari nyeri karena kedinginan)

12. Daunnya bisa digiling untuk dibalurkan di daerah yang sakit guna mengatasi sakit perut dan bisul.

13. Mengobati perut kembung

14. Membantu pembakaran kalori hingga 25%.

15. Memberikan kalsium dan fosfor bagi tubuh

16. Cabe menghasilkan vitamin C (lebih banyak daripada jeruk) dan provitamin A (lebih banyak daripada wortel) yang sangat diperlukan bagi tubuh.

17. Kaya akan kalsium dan fosfor yang mengungguli ikan segar.

18. Cabe dapat menghilangkan rasa dingin pada tubuh dengan cara mengoleskannya pada bagian yang terasa dingin.

19. Bagi yang punya masalah dengan mabuk perjalanan, bisa juga mencoba mengunyah dua biji cabe rawit sedikit demi sedikit. Hasilnya, mual dan pusing hilang.

Mengatasi Kepedasan Karena Cabe:

1. Kunyahlah makanan yang mengandung kasein. Karena, kasein dapat melarutkan capsaicin sehingga rasa pedas pada lidah akan berkurang. Contoh makanan yang mengandung kasein: susu bubuk, nasi, dan roti tawar.· Makanlah makanan yang mengandung minyak karena minyak juga dapat melarutkan capsaicin.

2. Jangan meminum minuman hangat atau bersoda. Karena, kedua minuman ini akan membuat rasa pedas dan panas menjadi semakin dahsyat.

Menentukan Cabe yang Berkualitas;

Makin pedas cabe, makin berkhasiatlah ia. Cabe akan makin pedas jika tanamannya: (a) Tumbuh di daerah pegunungan (min 200m dpl); (b) Mendapatkan curah hujan yang cukup; (c) Terkena sinar matahari yang cukup selama 11-12 jam/ hari. (d) Daerah yang paling cocok menjadi penghasil cabe berkualitas tinggi adalah Asia, meskipun sebenarnya cabe berasal dari Amerika.

Cabe merah



Bersifat panas dan merupakan stimulan untuk meningkatkan nafsu makan, sebagai diaforetik atau peluruh keringat, perangsang kulit dan sebagai obat gosok. Cabe merah juga berkhasiat tonik, stimulan kuat untuk jantung dan aliran darah, antirematik, menghancurkan bekuan darah atau antikoagulan, stomakik, perangsang kulit, karminatif diaforetik atau peluruh keringat, peluruh liur dan peluruh kencing.

Jika cabe dibelah, akan kita temukan tangkai putih di dalamnya yang mengandung zat capsaicin. Capsaicin ini seperti minyak dan menyengat sel-sel pengecap lidah. Zat inilah yang mengakibatkan cabe menjadi terasa pedas dan panas di lidah saat kita mengkonsumsinya. Selain itu, capsaicin ini dapat membuat para pengkonsumsinya merasa ketagihan. Itulah alasan mengapa banyak orang begitu menyukai, bahkan tidak mau berhenti mengkonsumsi cabe

Selain kapcaisin, dihidrokapsaisin, vitamin A dan C, zat warna kapsantin, karoten, serta mengandung mineral seperti fosfor, zat besi, kalium, kalsium dan niasin.

luka iris

Cabe merah berguna sebagai penyembuh luka/luka iris. Caranya, cabe merah dikeringkan kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu ditaburkan pada luka-luka. Bubuk cabe tersebut tidak akan membuat perih luka Anda. Justru sebaliknya, cabe akan menghentikan dengan cepat nyeri dan pendarahan yang ada.Ini disebabkan karena adanya zat capsaicin pada cabe merah yang menghilangkan rasa sakit.





No comments: